PELUANG untuk menjadi KAYA, buruan KLIK dan PRAKTEKkan

Tips Pola Tidur Sehat

Setiap orang pastinya membutuhkan istirahat agar tubuh dan pikirannya kembali segar. Namun apa Anda yakin kamar tidur dan pola tidur Anda sudah sesuai dengan kebutuhan istirahat? Waktu tidur yang dianggap baik adalah selama 7-8 jam. Namun kini waktu itu tak lagi menjadi patokan. Selama kualitas tidur itu baik, tak peduli lama atau sebentar, Anda juga bisa kembali fresh keesokan harinya. Simak tips terdahsyat pola tidur sehat berikutini.
1.     Gunakan kamar tidur sesuai fungsinya
Sesungguhnya para peneliti hanya mengenal kamar tidur sebagai dua fungsi. Yang pertama untuk melakukan aktivitas seks dan kedua untuk tidur. Bila kamar tidur dan kasur Anda telah digunakan untuk fungsi lain, ini justru akan mengurangi kualitas ruang istirahat. Jadi jangan sekali-kali menyatukan ruang tidur dengan ruang kerja atau belajar. Untuk Anda yang masih kos sebaiknya fungsikan bagian-bagian kecil di kamar dengan sebaik mungkin. Sehingga kasur hanya dipakai untuk tidur selebihnya lakukan aktivitas lain seperti belajar atau menonton TV di tempat lain.
2.     Atur interior kamar tidur
Hindari ornamen ruang tidur dengan interior berwarna terang atau ramai. Untuk mengubah jam malam Anda coba gantungkan jam dinding berlawanan dengan arah pandang
3.     Tetapkan waktu tidur yang teratur
Jam tidur yang berantakan bisa mengganggu jam biologis Anda. Walau telat tidur bukan berarti Anda bisa bangun lebih siang. Awalnya memang sulit namun jika pola itu sudah tertanam dengan baik pasti bisa dijalani.

(Baca juga : Cara Mengatasi Insomnia)

4.     Jangan memaksakan tidur siang
Tak usah memaksakan diri jika tak bisa tidur siang. Tidur siang hanyak akan memulihkan keletihan sesaat saja namun akibatnya Anda jadi susah tidur di malam hari. Pola Anda akan berubah jika hal ini terjadi.
5.     Hindari konsumsi caffein
Setelah makan siang hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung caffein atau zat stimulan lainnya. Caffein yang terdapat pada kopi ata teh dan zat stimulan pada minuman ringan dan cokelat terbukti bisa menyebabkan pola tidur terganggu.
6.     Hindari rokok dan alkohol
Dua jam sebelum tidur hindari rokok dan minuman beralkohol. Rokok juga bisa merupakan stimulan bagi pusat syaraf manusia yang membuat susah tidur. Minuman beralkohol mungkin saja membuat Anda cepat tidur tapi ini malah mengakibatkan kerap terbangun di malam hari.

(Baca juga : Cara Berhenti Dari Kebiasaan Merokok)
7.     Hindari makan besar
Hindari juga makan besar dua jam sebelum waktu tidur tiba. Ini akan membuat perut tak enak saat berbaring akibatnya Anda pun susah terlelap.
8.     Tenangkan pikiran dan mental
Tenangkan pikiran dan mental Anda. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam. Siapkan diri untuk tidur dan mimpi indah.
Itulah beberapa tips untuk pola tidur yang sehat agar tidur bisa tambah indah. Selamat mencoba tips terdahsyat di atas. Semoga sukses dan selamat selalu menyertai Anda.

Dikutip dari www.ragamkesehatan.com

3 komentar:

  1. Terima Kasih share info,..
    Ada yang lebih penting dari jumlah,. melainkan kwalitas tidur itu sendiri

    http://www.bisnisdirumah1.com

    BalasHapus

Komentarlah dengan bijak...