PELUANG untuk menjadi KAYA, buruan KLIK dan PRAKTEKkan

Agar Ramadhan Terasa Bermakna

          “Ramadhan telah tiba..Ramadhan telah tiba..Hatiku gembira....”
         Hmm.., Kalau Tasya begitu kegirangan saat menyanyikan lagu Libur Telah Tiba, maka kita juga kudu bahagia dan seneng bukan main saat menyambut datangnya bulan Ramadhan. Senang, sebab Ramadhan menjanjikan segalanya, khususnya memberi bonus pahala yang Allah berikan kepada kita. Bahagia, karena nyaris semua orang berlomba dalam memperbanyak amalan baiknya. Sehingga, peluang untuk berbuat dan menyaksikan maksiat bisa diperkecil. Maklum, saat Ramadhan, dari mulai anak-anak, remaja, sampai bapak-ibu, kakek-nenek, semua gesit nyari pahala. Yang tadinya jarang ke masjid kalo sholat, saat Ramadhan, semuanya tumplek-blek di masjid. Tadarus dan baca Al Quran selepas Isya, juga mampu mengalihkan perhatian sebagian besar umat Islam dari lagu-lagu yang selama ini jadi favoritnya.
          Bukan cuma kita, yang orang biasa, para selebritis pun jadi rajin bawain dan ngisi acara-acara bernuansa Islam. Entah di radio atau di televisi. Terlepas dari beragam niat dan tujuannya, yang jelas para selebritis udah tampil rada sopan. Yup! Ramadhan memang mampu memberi nuansa yang berbeda dengan bulan lainnya. Itu sebabnya, bulan Ramadhan selalu disambut gempita oleh sebagian besar kaum muslimin. Maklum, dari keterangan yang sering didengar dari para ustadz, bahwa Ramadhan adalah bulan penuh rahmat, ampunan, dan terbebasnya dari siksa api neraka. Tentu dengan catatan, bahwa kita memanfaatkan bulan Ramadhan dengan aktivitas yang benar dan baik..
          Dalam kehidupan sehari-hari, kita suka menjumpai hal-hal yang indah dan nikmat, yang rasanya sayang kalo dilewatkan begitu saja. Misalnya, ada produsen sebuah produk yang getol bikin promosi dengan harapan konsumen bisa terpikat dengan beragam penawaran khusus seperti menawarkan diskon dan bonus bagi setiap orang yang membeli produk tertentu di bulan tertentu. Itu sebabnya, biasanya banyak orang yang mau memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.
       Boleh dibilang Ramadhan mirip-mirip begitu lah. Allah SWT di bulan Ramadhan memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk memanfaatkan nikmat dan indahnya Ramadhan. Maka sayang sekali kalo berlalu begitu saja tanpa ada aktivitas amal shaleh yang kita lakukan. Sebab, saat Ramadhan Allah memberikan bonus yang besar dalam ibadah kita. Abu Hurayrah mengatakan, bahwa Rasulllah SAW bersabda,Apabila tiba bulan Ramadan, dibuka pintu-pintu Surga dan ditutup pintu-pintu Neraka serta syaitan-syaitan dibelenggu.” (HR Bukhari Muslim)
      Maka sungguh aneh kalo ada kaum muslimin yang ogah-ogahan begitu datang Ramadhan. Yakinlah, dengan puasa bukan berarti kita tambah kurus dan menderita. Justru kita jadi sehat dan dapat pahala pula. Pokoknya, sayang deh kalo Ramadhan dibiarkan begitu saja tanpa diisi aktivitas amal shaleh. Nah, agar Ramadhan terasa lebih bermakna, maka kita kudu bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Jangan sampe deh puasa kita, yang merupakan aktivitas utama dari kewajiban di bulan Ramadhan ini sia-sia. Tentu kalian gak mau kan?? Nih ada beberapa amalan yang sebaiknya kita lakukan selama bulan Ramadhan biar Ramadhan ini lebih baik dari sebelumnya. Yuk disimak....
1.  Shalat Tarwih
Biasanya kalau awal-awal Ramadhan masjid-masjid masih penuh, tapi coba liat aja menjelang akhir Ramdhan, para jama'ahnya gak shalat tarawih di masjid lagi tapi shalatnya lari ke mall-mall (hehe..ngertikan maksudnya?)
Padahal Rasulullah SAW dan para sahabatnya semakin menghidupkan malam-malam terakhirnya dengan qiyamul lail. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang shalat tarawih bersama imam hingga selesai akan ditulis baginya pahala shalat semalam suntuk.”
Subhanallah ! Pahala yang sungguh luar biasa. So, gak ada alasan lagi buat malas-malasan shalat tarawih.
2.  Shadaqah
Rasulullah ketika memasuki bulan Ramadhan sifat dermawannya semakin bertambah, melebihi angin yang berhembus. Dalam sebuah hadits beliau bersabda,Seutama-utamanya shadaqah adalah pada bulan Ramadhan.” (HR. At Tirmidzi dan Anas ra)
Coba deh kita pikir. Lucu yah, uang Rp 1.000 begitu gampang dan entengnya kita masukin ke kotak amal masjid, tapi uang Rp 20.000 mesti mikir-mikir 100 kali dulu untuk dimasukin ke kotak amal daripada nonton di bioskop. Padahal, harta kita yang sesungguhnya adalah apa yang kita sedekahkan. Nah, mumpung momen Ramadhan, yuk rajin sedekah.

3.  Perbanyak tilawah Al Qur’an
Kalau biasanya dalam sehari kita bisa menghabiskan waktu untuk mengkhatamkan koran, majalah, atau komik, ga ada salahnya jika selama Ramadhan majalah dan komiknya kita ganti dengan Al Quran. Apalagi Ramadhan adalah Bulan Al Qur’an.
Nih, solusi mudah khatam Al Qur’an di bulan Ramadhan. Al Qur’an itu terdiri dari 604 halaman/ 302 lembar. Kalau kita bagi 30 hari itu artinya dalam sehari kita harus membaca sekitar 20 halaman atau 10 lembar, emang sih kelihatan susah tapi kalau dibagi dalam setiap shalat fardhu akan menjadi mudah artinya tiap selesai shalat fardhu luangkan waktu untuk membaca Al Qur’an sebanyak 2 lembar. Gampangkan ??

4.  Umrah di Bulan Ramadhan
Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda, “Pahala umrah di bulan Ramadhan sama seperti ibadah haji” (HR Muttafaqun ‘alaih).
       Kali aja kamu tau keluarga kamu mampu, buruan deh raih keutamaan umrah bulan Ramadhan.





5.  Mencari Malam Lailatul Qadar (Malam Kemuliaan)
Karena bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an, maka ganjaran beribadah pada malam itu lebih baik daripada ganjaran ibadah selama seribu bulan di luar Lailatul Qadar. Subhanallah ! Coba kita hitung, cuma dalam satu malam, ganjaran pahalanya = 83 tahun !!!
Allah SWT berfirman, ”Sesunggunya Kami menurunkan Al Qur’an pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dalam seribu bulan.” (Al-Qadr: 1-3)
O iya, ketika kita mendapati malam kemulian ini, kita dianjurkan untuk membaca do’a. Diriwayatkan dari Aisyah ra bahwa ia berkata, ” Ya Rasulullah, apa yang aku baca bila bertepatan dengan malam itu?” Rasulullah bersabda, bacalah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwafa’fu ‘anni (Ya Allah,Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi ampunan dan suka member ampunan maka ampunilah aku).”

6.  Memperbanyak dzikir, do’a dan istigfar
Siang dan malam di bulan Ramadhan adalah hari-hari yang penuh keutamaan. Rugi banget kalo kita malas-malasan mengisi Ramadhan dengan ibadah termasuk memperbanyak istigfar, dzikir dan doa pada waktu-waktu mustadjab, misalnya berdoa saat sahur dan berbuka.

            Nah, itulah beberapa amalan yang bisa kita lakukan biar Ramadhan kali ini lebih bermakna. Semoga Allah menurunkan RahmatNya kepada kita semua. Aamiin Ya Rabbal’Alamin.

Tips Menghadapi si Pemalu

Dalam kehidupan bersosialisasi dengan orang lain, misal keluarga, teman, atau kenalan baru, kita dapat menemukan banyak karakter sosialnya. Ada yang berani banyak omong, namun ada pula yang sangat pemalu. Ketika berhadapan dengan si pemalu, biasanya dia baru ngomong kalau ditanyain. Itupun cuma sebatas “ya” atau “tidak” dengan ekspresi yang sama sekali tidak meyakinkan. Nggak asyik banget kan? So, jangan khawatir. Kali ini kita akan membahas tips terdahsyat untuk menghadapi si pemalu.

Susahnya Mencari Tempat Tinggal

Mencari tempat tinggal –ngekos atau ngontrak-, kadang jadi pekerjaan yang begitu sulit. Terlebih rumah yang dicari terletak di kota besar, Jakarta misalnya. Kesulitan akan bertambah lagi, bila tak punya sumber informasi yang jelas. Orang mesti rela keliling-keliling duluan sambil berpusing ria untuk menemukannya. Tanya sembarang orang bukan jaminan bakal menemukan. Bahkan sebaliknya, sering bikin tambah bingung. “Anda silakan jalan lurus, terus belok ke kanan, habis itu ada perempatan Anda ambil yang kiri, kanan lagi, kiri.....”. Bolak-balik tak ada kejelasan. Benar-benar nelongso, kata orang jawa. Kalau ketemu pun, belum tentu jadi ‘ngekos’. Biaya yang tinggi bisa jadi kendala. Sementara bekal di kantong tak seberapa besarnya.

Semut Tak Saling Menendang

Suatu kali, mata saya tertumbuk dengan tingkah seekor semut yang tengah berjalan di atas lantai keramik mengkilap. Entah mengapa tiba-tiba langkahnya terhenti. Saya yakin tentu bukan karena terpesona dengan lantai keramik yang diinjaknya, karena ia memang tak terlalu peduli dengan hal itu. Rupanya, sepotong makanan tampak bertengger di depan matanya. Hoi, rezeki nih, mungkin begitu pikirnya.

Tips Mempertajam Daya Ingat Otak

Memiliki daya ingat ingat yang tajam sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Kita mungkin akan merasa kesal, ketika menaruh barang di suatu tempat dan saat dibutuhkan, kita lupa menaruhnya dimana. Jadi memiliki daya ingat yang baik sangat dibutuhkan dalam segala kondisi dan keadaan. Kali ini akan dibahas mengenai tips mempertajam daya ingat otak Anda.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ yang sangat vital yang dimiliki oleh manusia. Ketika jantung sudah berhenti berdetak, bisa dipastikan nyawa kita sudah terpisah dari raga kita. Bagi sebagian besar manusia tentu menginginkan jantungnya selalu sehat, dengan melakukan berbagai usaha untuk menyehatkan jantung. Menjaga jantung agar tetap sehat merupakan kewajiban setiap individu. Lalu bagaimana menjaga jantung agar tetap sehat? Oleh karena itu, kali ini akan dibahas mengenai tips menjaga jantung agar tetap sehat.

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Kesehatan menjadi harta yang tak ternilai harganya bagi kita. Ini dapat kita rasakan diwaktu kondisi sakit. Sebab jika kita sakit akan menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itulah, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita utamanya organ ginjal.